Kamis, 26 November 2015

Kebahagiaan yang Sederhana



'gue seneng banget hari ini, zal' kata Akbar, dengan senyum kecil yang terpancar dari muka bulatnya.

'kenapa?' tanya saya, penasaran.

‘kemarin, gue abis traktir Elin makan.’

‘hah! Serius? Gak lo racun kan?’

‘ya enggak lah, mbut’ jawabnya dengan muka kesal.

‘hahahahaha becanda kali’ kata saya menenangkan.

Akbar adalah temen seperjuangan saya. Dia adalah salah satu cowok yang sering gagal dalam percintaan. Padahal, dari segi muka, Akbar bisa dibilang menengah ke atas. Keuangan? Apalagi. Berbanding terbalik sama saya. Muka aja, minoritas. Keuangan? Pfft. Jika diibaratkan sebuah hotel, Akbar itu bintang lima. Saya? boro-boro berbintang. Cuma, kita berdua ini sama. Sama-sama kaya hotel yang nggak laku. Dari sini saya sadar, yang namanya jomblo itu gak pernah membeda-bedakan. Siapapun pernah dijamah olehnya. Contohnya? saya. *eh

Sebagai seorang teman yang sudah berkawan lama, kita berdua selalu kumpul di waktu malam mulai menampakkan jati dirinya. Kita berdua kadang ngobrol ngalor-ngidul ngomongin negara. Sesekali kita berdebat mencari kebenaran. Kalian gak kebayang, kan, kalau punya pacar kayak kita? Yaa gak keurus lah. Wong kita berdua ngurus negara aja ribut, apalagi ngurus kalian. Hahahaha

Ngomongin soal negara, saya inget betul kejadian pilpres tahun lalu. Kejadian di mana ngebuat saya ga berteman sementara sama Akbar. Penyebabnya jelas, kita berdua berbeda pilihan. Akbar pilih yang A, sedangkan saya, yang B. Sebagai pendukung yang B, rasanya kurang menjiwai kalau hanya modal mencoblos saja. Saya pun berpikir, kenapa nggak saya kampanyekan saja di media sosial. Ide itu muncul ketika para following twitter saya juga mengkampanyekan si B. Saya gak mau kalah, dong. Akhirnya, beberapa kali saya kampanye di Facebook, twitter, status BBM. Semua media sosial yang saya punya ga pernah luput dari kampanye untuk mendukung si B. Meskipun sesekali saya kampanyenya juga terkadang menjelekkan si A.

‘jangan coblos si A. Si A itu mantannya banyak, selingkuhannya apalagi’

‘coblos saja si B. Jelas-jelas ahli sodaqoh’

Yah begitulah.

Sampai suatu ketika, Akbar membaca salah satu status kampanye saya di media sosial. Dia ga terima, kalau pilihannya dijelek-jelekkin. Dia mengomentari salah satu status kampanye saya.

‘eh, lo ada bukti gak, zal, kalau si A itu mantannya banyak? Hah!’

Saya yang membaca komentarnya Akbar, pengen sesekali balas komentarnya, tapi, apa kata, saya nggak balas komennya. Saya sadar, Akbar pasti emosi ngeliat status saya. Orang yang lagi emosi itu nggak bisa dilawan, sebab, kalau dilawan, bisa-bisa, kita berdua berdebat sampai kiamat. Toh kalaupun saya di posisi Akbar juga bakalan melakukan hal yang sama. Mencari bukti bahwa apa yang saya katakan itu benar.

Gak berhenti di media sosial, nampaknya Akbar kurang puas ngelihat saya nggak balas komennya. Akhirnya, dia ngebawa pertikaian ini ke ranah dunia nyata.

‘eh lo ngapain, sih, coblos si B?’ kata Akbar dengan nada tinggi.

‘ya pilihan kita kan gak harus sama, bar’ jawab saya singkat.

‘ya tapi lo gausah jelek-jelekkin si A dong, pake ngatain mantannya banyak lagi’

‘ya terserah gue dong, bar’

‘awas, ya, kalau sampe gue baca status kek gitu lagi’ Akbar mengancam.

Saya yang sadar kalau diterusin bisa-bisa sampai kiamat, akhirnya memutuskan untuk pergi dan menjauh dari Akbar. Semenjak kejadian itu, saya jarang berkumpul lagi dengan Akbar. Kurang lebih dua mingguan saya nggak berkumpul dengan Akbar. Kadang saya ngerasa kehilangan, kadang juga pengen nelen jamban kalau liat dia emosi. Sampai suatu ketika, pemilihan presiden pun datang. Saya coblos si B, Akbar? saya nggak tau dia coblos apa. Tapi, you know lah, palingan dia juga coblos si A. Sampai tulisan ini diketik, saya belum bertanya ke Akbar, kalau dia dulu coblos apa.

Beberapa hari setelah diumumkannya si B menjadi presiden, saya mencoba mendekat lagi ke Akbar. Mencoba mencairkan suasana. Suasana yang saya sendiri lupa gimana rasanya. Seperti halnya air dan gas yang nggak bisa bersatu, maka, kita hanya butuh dua hal; mengalah dan mengikuti salah satunya. Saya pun mengikutinya. Kadang, kalau lagi berkumpul, sesekali Akbar ngecengin saya dengan, ‘cie yang presidennya menang, cie.’ Saya menaikkan alis ke atas, sambil bergumam, ‘kayaknya ada yang salah dengan akbar’.

Setelah menjauh dari kejadian itu, saya sadar, ternyata perbedaan itu hanya butuh dihargai. Tidak dengan mencari siapa yang paling benar, dan juga siapa yang paling salah. Saya pun kembali berteman dengan Akbar seperti biasanya. Tanpa embel-embel perbedaan pilihan presiden. Sesekali setiap nongkrong, kadang saya inget-inget kejadian itu dengan Akbar sebagai pelajaran yang pastinya akan menjadi kenangan.

‘bar, lo inget gak, kita pernah ga berteman gara-gara pemilu?’ tanya saya ke Akbar.

‘iya, gue inget’ kata akbar. ‘hahaha. Ternyata kita bego, yah’ lanjutnya.

‘bar’ kata gue. ‘lo sehat? Hahaha’

Setiap kali saya mengingat kejadian itu, kadang saya tertawa sendiri. Kadang juga diketawain orang gara-gara saya ketawa sendirian kaya orang bego.

Beberapa hari yang lalu ketika berkumpul, Akbar kelihatan nggak seperti biasanya yang suka minum kopi dan ngerokok. Saya melihat, belum sebatang rokok pun yang dia hisap. Mungkin masih terbawa suasana kebahagian, pikir saya. Malam itu seperti miliknya. Senyumnya, tingkah lakunya, gak seperti biasanya. Entah mendapatkan hidayah di mana dia. Dia lanjut bercerita kalau abis ngajak elin makan. Saya sebagai temen tentunya seneng, dong. Seenggaknya apa yang diharapkan Akbar telah berhasil. Apa yang diperjuangkan udah ada secercah harapan untuk mulai ke tahap berikutnya. Suatu hari akbar pernah bilang; ‘gue pengen banget zal, ngajak elin makan. Tapi bisa ga ya?’. Dan sekarang, Akbar sudah menemukan jawaban tersebut. Jawaban yang dulu pernah membuat Akbar bertanya-tanya penuh penasaran.

‘gimana perasaan lo setelah berhasil ngajak elin makan?’ tanya saya membuka perbincangan malam itu.

‘seneng, pake banget’ jawabnya singkat.

‘udah gitu aja?’

‘iya, udah gitu aja’

‘sederhana banget’ kata saya.

‘gue, sih, ga perlu yang gimana-gimana, ya, zal. Cukup bisa ngajak elin makan aja, gue udah seneng’ katanya. ‘makanya, lo harus cobain yang kek gini ini’ tegasnya.

‘maksud lo?’

‘ya elo coba ngajak cewek yang elo suka ke mana gitu, kek. Nganterin pulang sekolah atau apa gitu. Pokoknya yang kecil-kecil aja. Lo pasti bisa ngerasain apa yang gue rasain sekarang, zal’

‘oh gitu, ya’ kata saya sembari mikir, siapa ya, yang mau diajak makan?

Sampai di sini, saya ngerti betapa sederhananya arti sebuah kebahagian bagi Akbar. Sesederhana mengajak Elin makan. Dan sesederhana itu cara Akbar berhenti menghisap rokok sejenak.

13 komentar:

  1. Ada drama besar yang terjadi saat pemilu presiden ini. Gue muncul sebagai pendukung salah satu calon juga, tapi sekaligus pengamat, jadi nggak banyak cing-cong di medsos. HAHA.

    Btw, tulisan lo kece bro. Gue terbawa suasana pemilu yang lo bahas sampai-sampai gue lupa kalo inti tuisan ini tentang ajakan makan for the first time. Keren!

    BalasHapus
  2. wahaha.. emang banyak orang2 kayak akbar diluar sana.
    kayaknya, gue punya satu. tapi kebahagian yang diraihny bukan dengan ngajak makan, tapi hal lain

    BalasHapus
  3. hahaha persahabatan berubah ketika pemilu menyerang XD kadang saya jadi pingin ketawa sendiri mas kalo liat orang pada betengkar di sosmed gara-gara hal semacam itu.

    Setuju mas sama poin diatas, kan ngga lucu juga mas kalo persahabatan putus cuman gara - gara saling maksain pendapat antara satu sama lain apalagi itu cuman soal pemilu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia. Malah ada selebtwit yg saling block. Padahal sama-sama kenal. Kan gimana gitu.

      Hapus
  4. Ini nih yg kayak gini... Haha
    Pengalaman kita hampir serupa sob :D

    BalasHapus
  5. Semoga aja kamu dan akbra ngak jadian #laluDigampar

    BalasHapus
  6. Hahaha selalu ada drama di mana2. Semoga lekas move on ya bro. Emang pemilu sering bikin kelu. Makanya banyakin piknik aja daripada pusing mikirin negara. Siapa tau gak jomblo lagi, eh :D

    BalasHapus
  7. Tpi kdang yg sperti bisa bikin gagal move on berat.

    BalasHapus
  8. Wkwk gokil gan lanjutkan post2 yg gini gan

    BalasHapus